Serba Serbi Kereta Api

Kereta api merupakan transportasi masal favorit sampai saat ini. Setiap hari ribuan orang datang dan pergi menggunakan kereta api. Naga besi ini bisa mengangkut ribuan orang dalam sekali jalan. Sayangnya, fasilitas kereta api di Indonesia ini masih sangat buruk. Bayangkan saja satu gerbong kereta api lokal yang kapasitasnya 160 orang dapat meningkat 150 persen pada hari-hari kerja terutama hari Senin.

          Mereka rela berdesakan, berhimpitan, berpanas-panasan di kereta hanya untuk pergi ke tempat mereka bekerja. Tiada hari tanpa penuh sesak. Itu adalah pemandangan yang selalu saya lihat setiap hari saat saya berangkat kuliah. Tapi tanpa disadari banyak sekali pelajaran hidup yang saya dapat.

          Pertama, SABAR. Kesabaran harus ada dalam setiap keadaan. Sabar saat mengantri tiket. Sabar saat bergantian naik kedalam kereta. Sabar saat kita sudah berada didalam kereta, kita tidak mendapat tempat duduk. Sabar saat perjalan kereta sering kali terlambat dan akhirnya saya harus memburu waktu untuk naik kendaraan umum lain. Sabar saat kita mendapat tiket ke tujuan yang bukan kita tuju dan akhirnya harus kucing-kucingan dengan petugas. Bingung kan? Tapi ya memang ini yang saya alami. Mungkin ini juga yang dialami oleh orang tua kalian yang biasa menggunakan transportasi ini.

          Kedua, SALING BERBAGI. Ini pemandangan yang jarang saya temui ditempat lain. Orang-orang yang tidak mengenal satu sama lain dengan mudah saling membantu. Saat seorang bapak-bapak yang mempunyai tiket turun di tempat tujuannya, ia menawarkan tiket yang dimilikinya kepada penumpang lain yang tidak mempunyai tiket. Bapak tersebut sama sekali tidak menjual tiket yang ia punya pada penumpang lain, tapi ia memberikan tiket tersebut secara cuma-cuma. Sungguh, ini membuat saya berdecak kagum karena ternyata banyak yang melakukan itu.

          Kita juga harus rela berbagi tempat duduk pada penumpang lain. Tempat duduk yang biasanya ditempati dua orang menjadi tiga orang, yang ditempati tiga orang menjadi empat orang. Itu sudah biasa terjadi. Rasa kegoissan harus kita jauhkan. Tua muda semua saling membagi dan menghargai.

          Ketiga BERSOSIALISASI dan SALING MENGHORMATI. Banyak sekali tipe orang yang saya temui disana. Kami semua tidak saling mengenal. Hanya obrolan kecil sekedar bertanya kemana tujuan kita pergi. Tapi, ada diantara mereka yang bisa jadi teman bahkan mendapatkan keluarga baru. Mereka berasal dari latar belakang yang berbeda-beda bisa menjadi satu saat ada didalam kereta. Bercengkrama dan bercanda dapat sejenak menghilangkan rasa lelah yang ada. Pembicaraan mereka beragam dari mulai politik, olahraga, ekonomi, bahkan gosip selebriti. Kadang saya merasa sedang berada di dalam debat orang-orang penting. Mereka saling berpendapat dengan bebas tanpa ada yang membatasi.

          Sebenarnya masih banyak sekali yang saya alami didalam kereta. Saya belajar banyak disana. Pelajaran yang tidak saya dapat disekolah manapun. Dari mulai kesabaran, keikhlasan, tolong menolong. Hal-hal sederhana bisa sangat berarti jika kita bisa mengambil pelajaran darinya.

Tinggalkan Balasan

